Profil Sekolah
Visi dan Misi
VISI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 TANGERANG
“ Tewujudnya Peserta Didik Berprestasi yang Dilandasi Iman dan Taqwa serta berwawasan lingkungan”
MISI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 TANGERANG
Mengacu pada visi madrasah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan pembelajaran dan bimbingan belajar yang kreatif, efektif, efesien, menyenangkan dan berkualitas.
2. Mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa secara maksimal melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
3. Meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan pemahamannya.
4. Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan lomba kademik
5. Meningkatkan kemampuan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik melalui pendidikan dan latihan.
6. Mengembangkan dan membiasakan perilaku disiplin warga madrasah.
7. Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
8. Melaksanakan kegiatan keagamaan secara terencana dan berkesinambungan.
9. Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, indah dan aman.
10. Membiasakan buang sampah pada tempatnya.
Sejarang Singkat
Keberadaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cicayur tidak dapat dilepaskan dari embrio Yayasan Pendidikan Islam Nurul Falah yakni MIS Nurul Falah yang lahir pada tahun 1968 yang dipimpin oleh H. Dimyati selaku ketua yayasan Yayasan Pendidikan Islam Nurul Falah. Lembaga pendidikan ini didirikan sebagai perwujudan kepedulian warga serta tokoh masyarakat kampung Cicayur terhadap pendidikan agama yang saat itu masih tertinggal jauh oleh keberadaan madrasah umum.Pada awalnya pendirian madrasah ini masyarakat menginginkan lembaga pendidikan berbasis agama Islam mampu menyiapkan generasi muda yang mampu bersaing dan mempunyai kecakapan dan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.
Dalam perkembangannya pada tahun 1992, MIS Nurul Falah Cicayur I diakreditasi kemudian secara resmi status akreditasi menjadi DIAKUI dan memiliki nomor statistik madrasah (NSM) 111.1.28.03.0008. Seiring dengan kemajuan yang diupayakan secara berkesinambungan dalam proses belajar-mengajar dan prestasi yang diraih dari status DIAKUI MIS Nurul Falah Cicayur I, kemudian meningkat pada tahun 1997 statusnya menjadi Negeri dengan terakreditasi “B” berdasarkan SK dari Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Banten No. Kw.28/ I/ Dam.004/ 394/ 2006. Dengan luas tanah 2018 m2 luas bangunan 820 m2 dan berganti nama menjadi MIN Cicayur. Perubahan dan perkembangan madarsah terus dilakukan baik dari Madrasah itu sendiri dan lembaga Kementerian Agama itu sendiri, atas Keputusan Kementerian Agama Pusat ada perubahan nama kembali yang semula bernama MIN Cicayur dirubah berdasarkan urutan pengajuan SK negeri yaitu menjadi nama MIN 6 Tangerang.
Dalam kepemimpinanya MIN 6 Tangerang pernah dipimpin oleh Kepala Madrasah yaitu:
1. Bapak H. Dimyati pada tahun 1968 s/d 2000.
2. Bapak H. Hafid, S.Ag pada tahun 2000 s/d 2007.
3. Bapak H. Kurtubi, S.Ag, MM pada tahun 2007 s/d 2018.
4. Bapak Rafiudin, S.Pd.I., M.Pd pada tahun 2018 sampai dengan sekarang
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

Struktur Organisasi
Struktur organisasi MIN 6 Tangerang Tahun Pelajaran 2022-2023


Kepala Sekolah

Program Kerja
Program Unggulan
Program Pengembangan Sarana Prioritas
Kondisi Siswa
Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di sekolah kami :

Komite Sekolah
Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:
Ketua 1 : Drs. H. Suparlan, M.Pd
Ketua 2 : Ir. Sukoco
Sekretaris 1 : Dra. Susiyanti
Sekretaris 2 : Sukamto, SH
Bendahara 1 : Kartini, SE
Bendahara 2 : Hamid Awaludin
Anggota 1 : Sukamdani, SE
Anggota 2 : H. Parto
Anggota 3 : Hj. Sukartilah
Anggota 4 : Sunardi
Prestasi Siswa
Prestasi di Bidang Akademik :
Share this